Selasa, 06 November 2018

Rapat Koordinasi Evaluasi Anggaran dan Penyusunan Renja 2020


Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI pada tanggal 6 sampai dengan 9 November menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Anggaran 2015 – 1019 dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2020 di Akmani Hotel, Jakarta. Peserta dari kegiatan ini adalah Pejabat Eselon II dan III Ditjen Bimas Hindu Pusat, Pembimas Hindu dan operator, Kasi dan penyelenggara Kemenag Kota dan Kabupaten, Perguruan tinggi negeri Hindu, Kemenag Kota dan Kabupaten se-Provinsi Bali total 120 orang. Dari Provinsi Kepulauan Riau hadir Pembimas Hindu, Eko Prasetyo,S.Ag selaku Penyelenggara Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kota Batam.

Ketua panitia dalam sambutannya menjelaskan tema kegiatan ini yaitu “Melalui kegiatan Penyusunan Renja Tahun Anggaran 2020 kita wujudkan Aktualisasi Money Follow Program Dalam rangka Perencanaan dan Penganggaran Program Bimas Hindu”. Adapun tujuan sesuai dengan tema kegiatan adalah mengarahkan rencana kerja Satker untuk mendukung sasaran prioritas pembangunan melalui penganggaran berbasis program atau money follow program. Yang kedua adalah Mengkoordinasikan rencan kerja yang akan disusun oleh seluruh Satker di bawah Ditjen Bimas Hindu untuk menghasilkan penganggaran yang eketif, efesien dan tepat sasaran

Terakhir ketua panitia menegaskan bahawa Renja 2020 harus benar-benar dhitung dan disusun dengan memperhitungkan apa yang dibutihkan masyarakat dan mendukung program prioritas nasional, kegiatan prioritas dan proyek nasional. Rena yang disusun akan dibahas bersama dikoordinasikan dengan Pusat dengan leading sector Pusat. Perencana berbasis knerja per output

Dilanjutkan Sambutan Dirjen Bimas Hindu, Prof. Ketut Widnya, PHD. Dalam Sambutannnya Dirjen Bimas Hindu menyatakan bahwa realisasi anggaran secara kesuluruhan belum maksimal kita harus berpacu. Tahun 2020 adalah masa transis Rencana Strategis 2020 – 2025. Terakhir Dirjen Bimas Hindu mengevaluasi serapan anggaran Tahun 2018 Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Beliau mendorong seluruh Satker untuk memaksimalkan realisasi anggaran Tahun 2018.

Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Ditjen Bimas Hindu, Ni Wayan Pujiastuti mengavaluasi keterlibatan Satket yang meninput realisasi anggaran dalam aplikasi SMART DJA. Masih banyak Satker yang sedikit bahkan belum sama sekali menginput realisasi anggaran pada aplikasi SMART sampai dengan akhir bulan Oktober 2018. Ni Wayan mendorong operator SMART DJA untuk serius mengerjakan ini karena ini bagian dari tugas dan fungsi perencanaan. Ni Wayan juga mengavaluasi realisasi anggaran per output dari 33 provinsi di Indonesia.

Pada hari kedua, Rabu 7 November 2018 dilanjutkan evaluasi realisasi anggaran 2018. Kemudian dilanjutkan dengan telaah anggaran 2018 oleh Dirjen Anggaran kementerian Keuangan RI. Mulai tahun ini telaah anggaran tidak hanya dilakukan oleh Biro perencanaan Kementerian Agama dan APIP dalam hal ini Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, tetapi juga dilakukan oleh Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan RI. Banyak hal yang mendapat perhatian DJA, terutama dalam hal penggunaan anggaran operasional yang double anggaran, contoh Penganggaran ATK kegiatan bisa diambilkan dari anggaran ATK kantor, ATK Kegiatan dianjurkan maksimal Rp 500.000,- per kegiatan, karena peruntukannya hanya untuk beli kertas, untuk peserta dibelikan perlengkapan kegiatan, sehingga tidak membebani negara. Sewa mobil kendaraan untuk pembinaan juga mendapat sorotan DJA, karena pejabat Eselon I dan II sudah ada kendaraan dinas, Eselon III sudah menganggarkan sewa kendaraan operational, jadi tidak perlu muncul anggaran rental mobil. Dewan juri  pada kegiatan perlombaan dijadikan honor narasumber, karena di SBM tidak diatur honor dewan juri. Tim yang dilaksanakan selama 3 tahun berturut – turut sudah harus dimasukkan dalam Tugas dan fungsi ASN. Belanja perjalanan dinas harus detail, tidak gelondongan.

Selanjutnya adalah paparan materi dari Bappenas yaitu Sularsono, Kasibdit PAUD dan Diknas unti kerja Direktorat Pendidikan Agama Bappenas. Menurut Sularsono, secara umum struktur penganggaran Bimas Hindu sudah bagus, tinggal diperhatikan detaillnya sesuai telaah DJA dan APIP. Terkait Struktur kinerja dan penganggaran dalam pendidikan dalam Renja 2020, mencangkup visi misi. Renstra harus sesuai RPJMN dan Resntra kementerian Pusat, RKA-K/L dan Renstra yang disusun harus singkron. Output, sub output, Komponen dana kun harus singkron dengan kebijakan nasional. Kinerja akan selalu melihat capaian sasaran, jika tidak terpenuhi maka indikatornya harus diganti. Indikator yang bagus akan menunjukkan kinerja.

Ketut Suardita selaku Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau ditemui secara terpisah oleh Penyelenggara Hindu menghimbau kepada seluruh pimpinan Lembaga Agama dan Keagamaan baik tingkat Kota maupun Provinsi untuk memberikan mengajukan permohonan bantuan dan masukkan program kegiatan 2020 agar dimasukkan dalam program Bimas Hindu kanwil kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau. Lembaga juga dihimbau untuk membuat proposal bantuan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) 2020. 

Acara dilanjtukan dengan telaah anggaran 2019, paparan program inovasi setiap daerah, perguruan tinggi negeri dan kendala yang dihadapai dalam realisasi anggaran 2018. Dilanjutkan dengan penyusunan rencan kerja program Bimas Hindu tahun 2020. Selain itu peserta dan operator perencanaan bisa melakukan koordinasi dengan perencaan dan leading sektor Ditjen Bimas Hindu Pusat, Kementerian Agama RI. Kegiatan akan ditutup secara resmi pada hari Jumat 9 November 2018. (eko2018)

5 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR Berlaku SEKARANG.

    Pencari Pinjaman yang Terhormat,

    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.

    kami memberikan yang berikut;
    *Perbaikan rumah
    * Pinjaman Penemu * Kredit Mobil
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Lini Kredit * Pinjaman Kedua
    * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman Internasional.

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662

    Semoga berhasil,
    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  3. Pencari Pinjaman yang Terhormat,

    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.

    kami memberikan yang berikut;
    *Perbaikan rumah
    * Pinjaman Penemu * Kredit Mobil
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Lini Kredit * Pinjaman Kedua
    * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman Internasional.

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662

    Semoga berhasil,
    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  4. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  5. Kabar Baik, Semuanya.

    Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.


    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.


    Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke rekening bank saya.


    Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662


    Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Loans rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Ibu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk mendapatkan lebih banyak arahan. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.

    BalasHapus