Senin, 18 Februari 2019

Perayaan HUT XXXI WHDI di Kota Batam


Batam-Bertempat di Aula Pasraman Jnana Sila Bhakti, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Hari Sabtu, 16 Februari 2019, WHDI Kota Batam dan WHDI Kepulauan Riau menggelar Perayaan HUT WHDI ke-31. Hadir pada kesempatan itu Dr., Drs.  I Wayan Catra Yasa, MM selaku Ketua Paruman Walaka PHDI Prov. Kepulauan Riau kemudian Eko Prasetyo selaku Penyelenggara Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, WHDI Kepri, WHDI Kota Batam, Parisada Kepri, Parisada Kota Batam, DPP Peradah Kepri, Parisada Bintan dan lembaga agama lainnya di Kepulauan Riau.

Adapaun tema HUT WHDI pada tahun ini adalah “Mari Kita Tingkatkan Peran Wanita Hindu Dharma Indonesia dalam Melaksanakan Dharma Negara”. Tema ini selaras dengan tema Nyepi nasional yang telah ditetapkan oleh PHDI Pusat. Melalui tema ini diharapkan Wanita Hindu Dharma dan umat Hindu  pada umumnya bersatu, bersinergi untuk peduli terhadap lingkungan sekitar tempat kita tinggal, menjaga kerukunan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat WHDI yang disampaikan oleh Ni Made Seriniti, SE. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Batam, Anak Agung Ketut Adi, S.Sn.

Dalam kesempatan itu I Wayan Catra Yasa selaku Ketua Paruman Walaka PHDI Prov. Kepulauan Riau menegaskan bahwa peran wanita sangatlah utama Bahkan dalam Weda dijelaskan bahwa di mana wanita dihormati maka kemakmuran akan ada di daerah itu, tetapi jika wanita tidak dihormati maka akan sebaliknya.

Secara terpisah Eko Prasetyo, S.Ag menjelaskan bahwa menjadi pengurus WHDI adalah yajna yang luar biasa. “Kita bisa ngayah dalam wadah WHDI sekaligus belajar berorganisasi. kita harus bijak menggunakan media sosial” jelas Eko. Jangan mudah terpancing isu – isu SARA. Eko mengajak umat Hindu untuk menjaga kerukunan intern dan ekstern umat beragama. Terakhir Eko menyampaikan himbauan Menteri Agama RI untuk mendukung pelaksanaan 3 (tiga) mantra Kementerian Agama RI yaitu mederasi beragama, kebersamaan dan integrase data. (ep2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar