Minggu, 27 Agustus 2017

Pembimas Hindu Ajak Guru mengabdikan Ilmunya di Masyarakat

Pada hari Minggu, 27 Agustus 2017, bertempat di aula Pasraman Jnana Sila Bhakti, Pembimas Hindu Kementerian Agama Prov. Kepulauan Riau memberikan pembinaan kepada seluruh dewan guru Pasraman Jnana Sila Bhakti. Hadir pada kesempatan itu Penyelenggara Hindu, Penyuluh Agama Hindu, Ketua Lembaga Agama dan Keagamaan di Kota Batam serta Dewan Guru  Pasrmaan Jnana Sila Bhakti.

Jumlah Guru Agama Hindu di Prov. Kepulauana Riau hanya ada 3 (tiga) dengan rincian 1 (satu) orang PNS, dan 2 (dua) orang non PNS, masing – masing tersebar di Batam dan Tanjung Pinang. Jumlah ini sangat kurang bila dibandingklan jumlah siswa yang ada. Untuk itu Pembimas Hindu mengajak semua guru untuk ikhlas mengabdi demi kemajuan Hindu di masa yang akan datang. Pembimas Hindu mengajak guru – guru di pasraman untuk ikut aktif mendidik dan mebina siswa guna membentuk karakter siswa. Ketut Suardita mengajak agar guru menggunakan metode yang variatif dengan adanya keseimbangan teori dan praktek. Misalnya ada pelajaran membuat sesaji maka harus praktek membuat sesaji. Siswa juga harus dikenalkan dengan game-game/outbond agar terbiasa menyelesaikan masalah. “Mari jadikan Pasraman sebagai ladang bhakti kepada Hyang Widhi”, tegas Ketut mengakhiri pembinaannya.


Purwadi selaku Penyuluh agama Hindu juga memberikan pengarahan bahwa siswa akan mudah jenuh bila harus diberi teori saja, harus ada praktek dan pengenalan lingkungan. DI masa yang akan datang akan ada pertukaran guru dari Bintan ke Batam dan sebaliknya. Pembimas Hindu juga menjajaki adanya kemungkinan kerjasama dalam bentuk pembinaan dari Kampus IHDN dan STAHDN Jakarta. Kedua kampus ini bersedia mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Batam dan Pulau Bintan. Purwadi juga menjelaskan bahwa Jambore Pasraman yang sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2018 diundur menjadi tahun 2019 karena pertimbangan anggaran dan faktor lainnya. Untuk itu Purwadi mengajak Guru – Guru Pasraman untuk memberikan penekanan khusus pada cabang lomba ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar