Rabu, 20 Desember 2017

Perkemahan Pelajar Lintas Agama di Kota Batam tahun 2017

Batam-bertempat di Lantamal, Tanjung Sengkuang pada hari Kamis samai dengan Jumat 14 sampai dengan 15 Desember Kantor Kementerian Agama Kota Batam untuk kedua kalinya menggelar Perkemahan Pelajar Lintas Agama. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar lintas agama baik dari sekolah di bawah binaan Kementerian Agama  maupun sekolah umum. Dari Hindu diwakili oleh Pasraman Jnana Sila Bhakti.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan secara militer. Pada bertindak sebagai inpektur upacara dari Lanal Batam. Dalam sambutannya Komandan Lanal Batam menegaskan bahwa nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme bisa ditanamkan pada masa pendidikan di sekolah.  Pendidikan nasionalisem tidak hanya diperoleh di sekolah militer tetapi juga di sekilah umum. Inspektur upacara juga menegaskan bahwa sebagai generasi muda harus bekerja keras meraih cita – cita. Seeribu langkah yang kita lakukan akan selalu diawali dengan satu langkah yang pertama, artinya memulai sebuah cita – cita dengan belajar adalah sangat penting. Di samping itu kita jangan memaksa orang lain untuk berubah tetapi rubahlah diri kita sendiri sehingga membuat orang lain merasa ingin berubah menjadi lebih baik.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pidato kerukunan tingkat SMP dan SMA baik putra maupun putri. EKo Prasetyo selaku penyelenggara Hindu ditunjuk untuk menjadi salah satu juri pada lomba pidato kerukunan, Adapaun tema yang diambil peserta tidak boleh keluar dari nilai-nilai kerukunan kebangsaan, NKRI, Pancasila, UUD 45 dan Bhineka tunggal Ika. Aspek yang dinilai adalah penguasaan materi, ketepatan waktu, penguasaan audiens, ekspresi dan intonasi. Secara umum peserta sudah cukup pandai membawakan sebuah pidato, Cuma EKo berpesan bahwa pidato sangat berbeda dengan dengan orasi yang terbawa semangat dan terbawa suasana.

Kegiatan dilanjutkan dengan cerdas cermat kerukunan yang diikuti oleh pelajar lintas agama di tingkat SMP dan SMA. Materi yang diujikan juga seputar kerukunan umat beragama, wawasan umum, kebangsaan, Pancasila dan NKRI. Tampil sebagai juara 1 adalah regu A dan MAN IC Batam, juara 2 dan 3 diraih oleh Pasraman Jnana Sila Bhakti Kota Batama.

Acara dilanjutkan dengan pembinaan mental oleh I Wayan Catra Yasa selaku Pengurus FKUB Kota Batam. Dalam arahannya Wayan mengajak peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh. Wayan menyatakan bahwa kerukunan umat beragama bisa dimulai sejak di pendidikan usia dini. Wayan berharap agar umat beragama di Kota Batam rukun agar iklim investasi dan ekonomi di Kota Batam kembali membaik.

Selanjutnya Dr. Erizal, MH selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam berkesempatan memberikan pembinaan kepada peserta yang hadir pada perkemahan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan perkemahan ini sebagai langkah nyata dalam mewujudkan Tri Kerukunan umat Beragama di Kota Bata. Untuk itu diharapkan di antara peserta harus ada pembauran satu dengan yang lainnya. Harus terjalin komunikasi dan relasi di antara peserta.

Terakhir Pak AGus dari LANAL Batam juga memberikan pembinaan bahwa kegiatan perkemahan ini memberikan pelajaran yang sangat berharga, Kita tidak akan pernah bisa melupakan ilmu yang didapat dari kegiatan ini. Pelajar akan mendapat pembekalan berupa nilai – nilai kebangsaan, nasionalisme, agama dan tentunya nilai – nilai kerukunan. Banyak hal yang kita dapat dari kegiatan ini.

Pada pukul 01.30 dini hari dilaksanakan acara jurik malam dan api unggun, pementasan kreatifitas peserta. Jurik malam diawali dengan Pembacaan Dasa Dharma Pramuka atau 10 (sepuluh) janji pramuka.

Pada Hari Jumat, 14 Desember 2017 jam 06.00 dilangsungkan dengan operasi semut atau membersihkan area perkemahan, dilajutkan dengan senam kesegaran jasmani.

Terakhir dilaksanakan upacara  penutupan yang dipimpin langsung oleh Dan Lanal Batam atau yang mewakili. Dalam sambutannya Dan Lanal berpesan agar peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di masyarakat. Apa yang didapat dapan dijadikan bekal di hari tua nanti. (ep2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar