Rabu, 22 November 2017

Outing PAUD Kurnia Djaja Alam, Batam Kota ke Pura Agung Amerta Bhuana, Kota Batam

Batam-Pada hari Rabu, 22 Nopember 2017 bertempat di Pura Agung Amerta Bhuana, sejumlah 54 (lima puluh empat) rombongan PAUD Kurnia Djaja Alam, Batam Kota mengadakan outing atau kunjungan untuk memperkenalkan rumah ibadah agama – agama di Indonesia kepada siswa. Hadir dalam kesempatan itu hadir Penyelenggara Hindu Kantor Kementerian Agama, Penyuluh Agama Hindu non PNS, guru PAUD dan Pasraman Jnana Sila Bhakti dan Anggota DPP Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Prov. Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu Siswanti selaku Penyuluh Agama Hindu di Kota Batam menjelaskan makna, fungus dari masing – bangunan yang ada di Pura. Semuanya mengandung nilai pendidikan budi pakerti dan nilai – nilai keagamaan Hindu. Pada intinya semua agama mengajarkan kebaikan bagi umatnya.

Pada kesempatan selanjutnya Eko Prasetyo selaku Penyelenggara Hindu menjelaskan sejarah berdirinya Pura Agung Amerta Bhuana. Pura ini diresmikan oleh Menteri Agama RI pada tahun 2009. Eko menjelaskan 6 (enam) agama yang diakui di Indonesia. Menurut Eko, sebuah kepercayaan untuk bisa diakui sebagai sebuah agama harus ada Nama Tuhan, Kitab suci, orang suci, tempat suci, hari besar keagamaan, tradisi yang melekat dan pokok-pokok keimanan dalam agama, kalau dalam Islam ada rukun Islam kalau dalam Agama Hindu mengenal konsep Panca Sradha atau lima dasar keyakinan/keimanan dalam agama Hindu.

Selanjutnya Eko menjelaskan program pemerintah saat ini seperti gerakan masyarakat sehat (Germas) melalui program PUTAR (Pura Tanpa Asap Rokok), INI PUJA (Inisiatif Pura Hijau), gemar membaca dan menulis, gemar beribadah, gemar membaca kitab suci. Eko mengajarkan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup, makan yang bergisi dan jauhi narkoba. EKo juga berpesan kepada smeua siswa PAUD agar menggantungkan cita – cita yang setinggi – tingginya. Terakhir Eko menjelaskan pentingnya nilai – nilai pemahaman dan pengamalan Pancasila serta nilai – nilai nasionalisme bagi siswa PAUD. (eko prasetyo 2017).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar