Selasa, 31 Maret 2015

Kunjungan Ketua Yayasan Jaringan Hindu Nusantara (YJHN) ke Kota Batam



Pada hari Jumat Pon Wuku Julungwangi Tanggal 5 Desember 2014 Umat Hindu Batam Kedatangan tamu yaitu Bapak Wayan Kantha Adnyana, SH dari Yayasan Jaringan Hindu Nusantara (YJHN). Tujuan dan misi dari kedatangan ketua YJHN ini adalah untuk memberikan pencerahan kepada umat Hindu Hindu Batam di samping juga memberikan motivasi kepada umat Hindu khususnya generasi muda agar tidak mudah terkena pengaruh konversi agama lain. Dalam memberikan motivasi ini beliau membawakan buku-buku keagamaan Hindu agar generasi muda Hindu lebih mengenal dan mencintai Hindu.

Acara dipusatkan di Pura Satya Dharma, Muka Kuning, Batam Indo, Dormitory, Kecamatan Sei Beduk. Dalam Paparanya beliau menghimbau kepada generasi muda Hindu agar mengenal tri Kerangka Dasar Agama Hindu terlebih dahulu baru ke hal - hal yang lain yang agak sulit dipelajari.
Generasi muda harus mengenal Tattwa yaitu ajaran filsafat Hindu agar kita tidak mudak terpengaruh dan selalu memilikki wiweka. Generasi muda haru memlikki etika yaitu tingkah laku yang baik, dan terakhir generasi muda Hindu harus mengetahui upakara sebagai bagian dari pelaksanaan kegamaan.

Beliau juga menekankan pada penguasaan Panca Sradha pada siswa sejak usia dini. Kuatkan dulu sradha kita baru berargumen dengan orang lain beda agama. Seperti kita ketahui bersama Panca Sradha adalah 5 (lima) dasar keyakinan umat hindu yaitu 1. Widhi Tattwa (percaya pada adanya Brahman/Tuhan/God), 2. Atma Tattwa (percaya terhadap adanya Atman yang memberikan daya hidup), 4, perccaya terhadap adanya karma phala, 4 percaya terhadap reinkarnasi, 5. Moksa yang artinya umat Hindu harus perccaya terhadap adanya Pembebasan bersatu dengan Tuhan.

Pada hari Sabtu bertepatan dengan Purnama Beliau juga memberikan dharma wacana keada umat Hindu di Pura Agung Amertha Bhuana Batam. 

Umat sangat antusias mengikuit pembinaan yang diberikan oleh beliau. dan kita harapkan acara seperti ini terus kita laksanakan di Kota Batam agar jaya Sanathana dharma. 

1 komentar:

  1. Yayasan umat hindu nusantara harus nisa berfungsi menghimpun dana dari donature, untuk menghimpun dana dari masyarakat hindu yg kaya diwajibkan untuk menjadi donatur, selanjutnya dana dari donature akan terbagi menjadi, berapa post, post bantuan pendidikan umat yg.miskin,post bantuan pembangunan pura, post pembangunan umat, post gaji para pemangku dan team siwewedani.dan post bantuan umat yg miskin. Dan post bantuan brncana.

    BalasHapus