Senin, 23 Maret 2015

PANITIA NYEPI AUDIENSI DENGAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BATAM


Pada hari Kamis, 19 Maret 2015 bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Sei Harapan, Sekupang, Panitia Nyepi Kota Batam melaksanakan audiensi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam. Hadir pada kesempatan itu Ir. Wayan Jasmin selaku ketua Panitia Nyepi sekaligus Ketua Parisada Provinsi Kepulauan Riau, Drs. I Wayan Catra Yasa, MM selaku sesepuh umat Hindu dan Sekretaris Umum FKUB Kota Batam dan Eko Prasetyo, S.Ag selaku Penyelenggara Hindu pada kantor Kementerian Agama Kota Batam.

Dalam audiensi itu dibahas persiapan-persiapan teknis rangkaian Perayaan Nyepi 1937 Saka yang diawali dengan prosesi Melasti pada Hari Kamis sore, jam 17.00 WIB. Selanjutnya Pelaksanaan Taur Kesanga dilaksanakan pada Hari Jumat, 20 Maret 2015 jam 17.00 bertempat di lapangan parkir Pura Agung Amertha Bhuana Kota Batam yang disertai dengan pawai Ogoh-ogoh. Adapun rute pawai ogoh-ogoh yang disepakati adalah dari halaman parkir Pura Agung Amertha Bhuana munuju Lampu Merah SPBU Sekupang kemudian putar arah dan kembali ke Pura Agung Amertha Bhuana. Jika terlalu panjang rute pawai Ogoh-ogoh akan mencipataka kemacetan yang luar biasa mengingat Kota Batam adalah kota yang rawan dengan kemacetan lalu lintas. Selanjutnya pada hari Sabtu sampai dengan hari Minggu umat Hindu Kota Batam pada khususnya melaksanakan catur Brata Penyepian. Disepakati juga bahwa rencana pelaksanaan Dharma Santi Nyepi adalah pada tanggal 25 April 2015 bertempat di Hotel Planet Holiday Batam.

Dalam kesempatan itu Drs. H. Zulkifli Aka, M.Si selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam menghimbau kepada Panitia dan umat Hindu untuk melaksanakan prosesi rangkaian Nyepi dengan tertib dan tenang. Beliau menghimbau agar umat tidak mengotori Kawasan Konservasi Danai Sei Ledi, tidak menebang pohon, tidak membakar hutan dan mengotori Danau. Pada saat pawai Ogoh – ogoh beliau berharap agar pawai dilaksanakan dengan tertib dan mematuhi pertuaran yang ada. Jangan merusak fasilitas umum, jangan mengganggu pengguna kendaraan bermotor dan tidak membuang sampah sembarangan.


Dalam kesempatan itu Drs. H. Zulkifli Aka, M.Si menyatakan siap hadir dalam acara Taur Kesangan dan memberikan sambutan sekaligus melepas secara resmi pawai Ogoh-Ogoh Nyepi 1937 Saka Umat Hindu Batam. Panitia dan umat diharapkan untuk berkoordinasi dengan Intansi terkait seperti Dinas Kehutanan, Dinas Konservasi air dan hutan serta aparat Kepolisian yang menertibkan lalu lintas saat pawai. Semua pihak juga diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat pawai ogoh – ogoh dilaksanakan di tempat terbuka, bias saja kasus pencurian dan pencopetan terjadi saat pawai ogoh – ogoh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar