Senin, 15 Oktober 2018

Umat Hindu Kota Batam Gelar Perayaan Hari Saraswati


Batam-Pada Sabtu, tanggal 13 Oktober 2018, di Pura Agung Amerta Bhuana, Jalan Gajah Mada Nomor 03, Umat Hindu di Kota Batam menyelenggarakan Upacara keagamaan memperingati hari suci Saraswati. Hadir pada kesempatan itu Ketua Parisada Prov. Kepulauan Riau, ketua Paruman Walaka, ketua Badan Penyiaran Hindu (BPH) Prov. Kepulauan Riau, Pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) kepulauan Riau, Penyelenggara Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Parisada Kota Batam, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Provinsi Kepulauan Riau dan WHDI Kota Batam, Ketua Badan Otorita Pura Agung Amerta Bhuana (BOP), Ketua Pasraman Jnana Sila Bhakti, dan siswa pasraman, serta umat Hindu dari Kota Batam. Upacara dipimpin oleh Jro Mangku Putu Satria Yasa dan Jro Mangku Agung Arief Suryanatha.

Menurut Penyelenggara Hindu, Perayaan ini bertujuan untuk memohon anugerah dari Dewi Saraswati berupa ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Hari Saraswati sendiri adalah hari di mana ilmu pengetahuan suci Weda diturunkan oleh Sang Hyang Aji Saraswati. Kelak ilmu pengetahuan akan bermanfaat bagi kesucian dan kesejahteraan umat manusia. Setinggi apapun ilmu atau IPTEK  yang dimilikki oleh manusia jika tidak diimbangi dengan pendidikan budi pekerti maka manusia bisa saja menyalah gunakan kemajuan IPTEK itu sendiri Dewasa ini kemajuan IPTEK yang tidak diiringi dengan pendidikan agama maka justru akan menghancurkan manusia itu sendiri. Di sinilah pentingnya IPTEK yang seimbang dengan pemahaman pengamalan ajaran agama. Di kota Batam perayaan Saraswati dilaksanakan di Pura Agung Amertha Bhuana Kota Batam.

Dalam dharma wacananya Dr. Drs I Wayan Catra Yasa, MM menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan itu dilambangkan dengan Dewi yang sangat cantik yaitu Dewi Saraswati, artinya ilmu pengetahuan akan membuat pemiliknya menjadi menarik. Ilmu pengetahuannya juga dilambangkan dengan burung merak artinya bahwa orang yang memilikki ilmu pengetahuan akan berwibawa. Ilmu pengetahuan juga dilambangkan engan genitri yang artinya bahwa ilmu pengetahuan itu tidak akan selesai kita pelajari sampai batas usia kita. Terkahir Wayan Catra berpesan kepada genarasi muda, siswa pasraman untuk terus belajar, mengasah diri , meraih cita – cita. (ep18)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar